Masih banyak orang yang mencampuradukkan istilah "Marketing" sebagai tenaga penjual untuk menjual produk secara langsung kepada calon pembeli, sedangkan kegiatan melakukan pemasangan papan nama, menyebarkan flyer atau brosur hingga melakukan kegiatan posting di sosial media di katakan adalah aktivitas "Promosi". Tidak salah, tetapi kurang tepat juga, walau kebanyakan orang menjadi maklum akan kegiatan dan istilah tersebut yang penting tujuan akhirnya tercapai yaitu barang yang di tawarkan ada yang membelinya.
Tulisan ini kembali mengingatkan bahwa adanya perbedaan dalam kegiatan Penjualan, Pemasaran dan Pemasaran Digital (Digital Marketing), bila perbedaan ini dapat di pahami secara seksama, maka implementasi dalam menjual atau menawarkan suatu barang menjadi lebih terukur dan mudah untuk di evaluasi prosesnya.
Penjualan
Penjualan adalah bagian dari pemasaran yang berfokus pada transaksi langsung dengan pelanggan untuk menjual produk atau layanan. Ini melibatkan aktivitas seperti presentasi produk, negosiasi harga, dan layanan purna jual. Penjualan bertujuan untuk mencapai target penjualan tertentu dan menghasilkan pendapatan langsung.
Sedangkan ...
Pemasaran
Pemasaran mencakup semua kegiatan yang terlibat dalam mempromosikan dan menjual produk atau layanan kepada pelanggan. Ini melibatkan riset pasar, periklanan, strategi promosi, penetapan harga, dan distribusi. Tujuan utama pemasaran adalah memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan untuk menciptakan nilai yang memuaskan mereka dan membangun hubungan jangka panjang.
Memasuki era teknologi kegiatan pemasaran tidak lagi mengandalkan cara-cara konvensional tetapi berkembang dengan menggunakan media-media berbasiskan digital.
Pemasaran Digital
Pemasaran Digital atau di kenal dengan istilah Digital Marketing. Digital marketing adalah bagian dari pemasaran yang menggunakan media digital dan internet untuk mempromosikan produk atau layanan. Ini mencakup berbagai strategi seperti SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), media sosial, email marketing, konten marketing, dan iklan online. Tujuannya adalah untuk mencapai dan melibatkan audiens secara online dengan cara yang efisien dan terukur.
Secara Ringkas sebagai berikut ;
Penjualan berfokus pada interaksi langsung dengan pelanggan untuk menjual produk atau layanan,
Sedangkan Pemasaran mencakup keseluruhan proses dan strategi untuk menarik dan memuaskan pelanggan,
Adapun Digital Marketing adalah pemasaran yang memanfaatkan platform digital untuk menjangkau audiens dan mempromosikan produk atau layanan secara online.


0 Komentar