Secara ringkas Digital Marketing adalah pemasaran yang memanfaatkan platform digital untuk menjangkau audiens dan mempromosikan produk atau layanan secara online, kegiatan Digital Marketing memiliki 8 ruang lingkup yang dapat di lakukan baik secara sinergi untuk melakukan 8 kegiatan tersebut atau hanya menguasai 1 bidang kegiatan.
Kegiatan yang termasuk dalam digital marketing antara lain:
SEO (Search Engine Optimization): Mengoptimalkan situs web agar muncul di hasil pencarian organik.
SEM (Search Engine Marketing): Iklan berbayar di mesin pencari.
Content Marketing: Pembuatan dan distribusi konten yang menarik untuk menarik dan melibatkan audiens.
Social Media Marketing: Promosi melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tik Tok, X (Twitter) dan LinkedIn.
Email Marketing: Mengirim email promosi atau newsletter kepada pelanggan.
Affiliate Marketing: Bekerjasama dengan pihak ketiga untuk mempromosikan produk.
Influencer Marketing: Menggunakan influencer untuk mempromosikan produk kepada pengikut mereka.
Video Marketing: Menggunakan video untuk mempromosikan produk atau jasa.
Setiap bagian dari kegiatan Digital Marketing dapat saling sinergi atau berdiri sendiri, walau sebenarnya masing-masing kegiatan tersebut tidak terpisahkan satu sama lain, semakin menguasai semua kegiatan, maka akan semakin memahami proses Digital Marketing dan tentu saja keterampilan tersebut sangat berguna dalam menghadapi revolusi digital yang terus berkembang pesat.


0 Komentar